GAMANG

Terkadang butuh lebih dari sekedar kesadaran untuk mengejar apa kau idam-idam dari dulu. Tamparan barangkali. Atau mungkin tendangan. Apapun itu, tapi sekarang sesungguhnya saya tidak tahu apa yang mendasari diri saya untuk menulis kali ini. Hanya sekadar keinginan untuk menulis. Tanpa konten yang jelas.

Namun dengan segala probabilitas, tentu saya tak butuh dicambuk untuk menuliskan kata-kata ini. Kita manusia. Yang sesekali bisa melakukan sendiri tanpa butuh nasihat dari tetua adat. Tak ada yang tahu kan kita akan menjadi apa. Sekalipun mereka yang dengan santainya mengolok-olok tanpa menggubris diri sendiri.

Saya tak butuh kata-kata setinggi langit untuk mengenyahkan asa, menggapai cita atau semacamnya. Semua itu omong kosong. Andai semua orang tahu, quotes, kata penyemangat, atau semacamnya itu bagai cambuk bagi mereka. Atau mungkin, hanya bagi saya? Bagiku, tak perlulah sibuk mencari kata-kata mutiara, quotes-quotes atau apalah itu, agar bisa kau ucapkan kala di depan saudara, kawan, ibu-ibu RT demi mendapat julukan saingannya mario teguh ni yeee … Atau biar namanya diakhiri golden ways. Widya golden ways misalnya. Hah, lucunya hidup ini. Kita manusia, kawan.

Tapi tatkala berhenti di persimpangan jalan, di kilometer nol, tempat saya dimunculkan dimuka bumi ini, betapa saya memang tak pernah sedikit pun bergerak dari sini. Semua orang berlari, saya merangkak. Dan terkadang butuh gendongan agar bisa kukejar mereka. Kertas saya masih kosong mlompong. Belum terkotor tinta sedikitpun. Belum ada warna-warni yang menghiasi. Barangkali saya perlu ditampar sekali lagi.

Ada cita yang perlu kukejar, ada cerita yang perlu kutulis, ada buku yang perlu kubaca, ada gunung yang perlu kudaki, ada orang yang perlu kubuat bangga, ada hidup yang menanti, ada senyum penuh janji, ada hal yang harus kucari dengan berlari dan satu lagi. Ada orang yang perlu kuberi cambuk. Diriku sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s