Tips Menulis

Menulis kreatif? Gimana caranya?

Apakah bahasa penulisan Anda kreatif atau tidak kreatif? Baguskah? Bisakah Anda menciptakan gaya bahasa yang kreatif?

Sahabat blogger yang mulia, tak banyak orang yang mempunyai kepiawaian merangkai kata. Contohnya saja Saya.
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki kemampuan menulis bahasa yang elok-kreatif?

Kepiawaian merangkai kata dapat menimbulkan rasa senang dan rasa nikmat pada diri pembacanya. Contohnnya seorang pelukis profesional mampu menggambarkan keindahan ciptaan dengan tangannya yang lentur mengayun-ayunkan kuas di atas kanfas. Itulah daya tarik bahasa kreatif. Bahasa kreatif mampu menghipnotis pembaca sehingga banyak bukunya laris manis di pasaran.

Menulis itu seperti menyampaikan pesan. Dalam menulis kreatif tidak dibutuhkan aturan ini dan itu. Sebab inti dari menulis kreatif adalah menulis dan menulis untuk menyampaikan pesan dengan cara-cara baru atau inovatif sehingga membuat orang antusias membaca tulisannya. Kunci menulis yaitu :

1. Menulis

2. Menulis

3. Menulis

Keterampilan menulis dapat yang miliki bila kita rajin dan membiasakan diri menulis setiap hari. Menulis adalah menyampaikan buah pikiran yang ada dalam isi kepala ke dalam bentuk tulisan. Kuncinya adalah menulis untuk menyampaikan pesan dengan cara-cara yang berbeda. Itulah mengapa menulis kreatif selalu mendapatkan tempat di hari para pembacanya. Cara mendapatkan ide menulis adalah tulis apa yang kalian alami hari ini. Bayangkan saja orang selalu berbicara ini itu ini itu setiap hari. Bila saja dia pembicaraan itu Ia tulis, akan mampu membuat sebuah cerita yang dibumbui dengan kata-kata kreatif.

Simak contoh berikut ini (diambil dari pengalaman Saya)

Senandung gerimis mulai memecahkan keheningan kota pada sore hari itu. Kerumunan orang mulai berlari mencari tempat untuk berteduh. Aku hanya hening melihatnya, masih asyik akan lamunanku. Sekejab aku melihat jam tangan berwarna perak dengan ukiran berlekuk-lekuk dan mulai menyihirku. Jarum jam terasa begitu lama berputar. Detik-detik berjalan begitu terasa berat.Matahari terasa lambat berjalan.Dan semakin terasa sangat panjang.Bus yang kutunggu-tunggu tak kunjung datang melewati halte ini.Aku sudah muak berada disini. Melihat orang-orang yang saling menyombongkan diri. Memegang handphone mereka lantas tertawa atau hanya satu getir senyum saja yang terlihat. Ada juga yang menyumbat kupingnya dengan earphone lalu mengangguk-angguk sendiri mengikuti irama musik. Atau hanya duduk tanpa senyum,kata dan sapa. Sekedar mengucapkan “hai” “hallo” atau “assalamualaikum” saja mereka enggan. Halte dipenuhi oleh sepasang muda-mudi yang bercumbu ria. Berpegang-pengangan dengan yang bukan mukhrimnya.

Perbedaan penulisan tidak kreatif dan penulisan kreatif dibawah ini:

–> Penulisan tidak kreatif: Bulan nampak putih bulat dilangit. Disekitarnya ada awan tipis tampak mengitarinya.

–> Penulisan kreatif: Sinar rembulan menguak dari balik awan tipis. Cahayanya perlahan menembus dedaunan pohon cemara dimana aku dan kekasih hati duduk bercengkrama. Tetes embun malam mulai melangkah turun perlahan jatuh membelai rambut dan kulit wajah dan tanganku.

Namun, inti daripada menulis kreatif adalah penulis mampu mengembangkan ide menulisnya sendiri, dengan gaya bahasanya sendiri, dan mempunyai keunikan tersendiri. Menulis kreatif adalah bagian penting dalam menulis bila kita ingin menjadi seorang penulis terkenal dan tersohor. Hanya mereka yang mampu menulis kreatiflah yang akan banyak menuangkan ide-ide segarnya ke dalam tulisan. Walaupun Anda belum memiliki kemampuan membuat gaya bahasa yang kreatif, itu bukan masalah jika Anda mau-bersedia berlatih. Intinya ada pada mengalami yang ujungnya nanti disebut peng-alam-an. Bila Anda rajin berlatih maka Anda akan menguasai dan melahirkan bahasa yang lebih baik dan lebih kreatif.

Naaah ….. Sekian dulu tips cara menulis hari ini. Silakan berbagi pengalaman pada kolom komentar dibawah, ya… 🙂

Selamat berkarya 🙂

One Comment Add yours

  1. vhili says:

    Tahun ketiga tak terasa sudah menghampiri di hadapan ku..Perpisahan kan memberiku kesedihan tapi sekarang ini memberi kenangan manis daripada sakit.
    Bagian tersulit dari perpisahan bukanlah saat aku melangkah pergi,namun saatku tersadar bahwa kenangan selalu ada
    Tuhan menciptakan perpisahan untk kita semata agar kenangan mendapat haknya. Terututama kenangan adalah menjadikan kita pernah merasa ada.
    Pertemuan pasti ada perpisahan. Perpisahan pasti akan melukis kenangan, Kenangan lebih indah daripada waktu yang kita lalui.
    Di dalam hening, kita sering menerka rindu. Menolak kenangan yang pulang dari sisa-sisa perpisahan
    Setelah perpisahan itu, aku melupakan dengan perlahan, Lalu menata kembali ingatan. sebab kenangan bersama akan menghalangi perjalanan.
    Yang menyakitkan itu bukan perpisahan, tapi mengingat dari setiap kenangan yang pernah tercipta sebagai cerita.
    mungkin selepas perpisahan ini, aku kembali akan melawan kenangan yang baru saja berhasil kita selesaikan
    Aku mncoba tabah dgn perpisahan, Apa yg indah dari perpisahan? Kenangan yg hanya akan ada sekali selamanya. Apa yg indah dari mengikhlaskan? Mencintai tanpa pamrih
    Kenangan terindah ini kan terus ada di dalam hati.
    Jika suatu hari nanti, perpisahan menyirat hampa, Biarkan kenangan ini bersemi’ akanku simpan rapi di sanubari. Begitu pun do’aku selalu mengiringi kalian.
    dlam Kesunyian itu adalah gambaran ruang indah perjamuan waktu Sepiring kenangan, sepotong luka perpisahan Adalah menu utama dalam sajiannya.
    Kenangan tentang kalian kan bermukim di ingatanku dgn begitu teduh. Tapi perpisahan masih seperti lagu-lagu sendu yang tak ingin kudengarkan.
    Aku dan kenangan seperti dua tugu selamat jalan di batas kota. banyak sekali perpisahan, berlalu begitu sja.
    Bila tiba saatnya perpisahan nanti, beri aku satu senyuman, sebelum kenangan memelukku erat larut terhanyut waktu.
    Kuatkan hati jangan sedih Karena kita berdiri dalam dunia yang menawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s